Post

Trik Cara Menghapus Autorun dengan Aman tanpa Virus

Trik Cara Menghapus Autorun dengan Aman tanpa Virus

http://biperlu.files.wordpress.com/2011/02/autorun.jpg?w=300

via Desk
------------------------------------------------
Nah, salah satu cara untuk mecegah (meminimalisir) menularnya virus pada Windows XP adalah dengan mematikan fitur Autorun (autoplay). Selain itu, menghemat waktu, Windows XP tidak perlu melakukan pemindaian pada USB Disk yang kita colokkan.
Cara mematikan fitur Autorun, bukalah TweakUI selanjutnya pilih menu My Computer > AutoPlay > Drive, non-aktifkan dengan cara menghilangkan tanda centang pada pilihan semua drive dari A hingga Z.
Berikutnya, menuju menu My Computer > Autoplay > Types, non-aktifkan Enable AutoPlay for removable drive serta mematikan Enable Autoplay for CD and DVD drive.
Tutorial ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan virus, masih ada jalan lain penularan virus komputer. Tergantung masing-masing perilaku pengguna komputer, mewaspadai berkas-berkas yang dirasa aneh, memindai USB Disk yang dicolokkan dengan antivirus, serta pastikan selalu memperbarui database antivirus yang digunakan.



via GPedit.msc
------------------------------------------------

Secara kemaren ada info2 virus piglet yang langsung eksekusi lewat fasilitas autorun/autoplay. Nah disini, singkatnya buat ngilangi yang namanya fasilitas autorun/autoplay. Pdhl sbnrnya klo autoplay tu mudahin kita klo pas nyetel CD, masukin CD langsung play…kayak MB aja, plug and Play haha….

1. Buka Run >> Ketik : gpedit.msc >> OK

2. Liat Sisi Kiri, ada panel macem2….Nah sisi yang sebelah kanan ini lebih memperjelas, “ada apa sih dibalik sisi yang kiri ini???”

3. Pilih Computer Configuration >> Administrative Templates >> System. (sisi kiri)

4. Setelah nyampe System, tengoklah ke kanan, cari panel yang bertuliskan “Turn Off Autoplay”, klik 2x di panel Turn Off Autoplay itu, lalu pilih Option Enable, lalu di bagian Turn Off Autoplay on : pilih yang All Drives, ngerti kan maksudnya…??

5. Langsung apply deh…

6. Close windownya…



via commad prompt
------------------------------------------------

Software antivirus Anda telah menemukan virus sebelum Anda membuka harddisk ataupun media removable? Berikut beberapa tips dan trik untuk membersihkan virus Autorun dari harddisk atau media removable, seperti flashdisk, dan sebagainya.

1. Buka command prompt di bagian “Start – Accessories” atau ke menu “Start – Run” dan ketikkan “cmd” (tanpa tanda petik). Click Enter.
2. Ketik "cd" lalu tekan Enter untuk mendapatkan root directory “C:”
3. Ketikkan "attrib -h -r -s autorun.inf", lalu click Enter.
4. Ketikkan "del autorun.inf", lalu click Enter.
5. Lakukan proses yang sama dengan drive lainnya dan restart computer

PENTING:
- Terkadang "cmd prompt" akan menampilkan error "file not found autorun.inf”, atau terkadang sebenarnya harddisk atau flashdisk Anda tidak memiliki file autorun.inf, sehingga biarkan harddisk Anda tetap berjalan seperti biasanya.

- Setelah menghapus file Autorun tersebut dari semua harddisk ataupun media removable, segera restart computer. Usahakan untuk tidak membuka harddisk atau flashdisk sebelum Anda me-restart computer Anda, atau jika tidak Anda harus mengulang prosedur di atas sekali lagi.

http://prem2mix.blogspot.com/2010/03/cara-menghapus-autorun.html

About Me

Foto saya
saya akan meraih cita-cita sesuai yang saya impikan

Artikel Terkait