Post

Cara Mudah Memperpendek URL Blog Agar URL Lebih Singkat



Goo.gl Google URL shortener - Cara Memperpendek URL Agar URL Lebih Singkat. Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan istilah URL Shortener, yaitu layanan untuk mempersingkat URL. Tujuannya? Youpz, jelas tujuannya untuk mempersingkat/memperpendek URL/alamat web maupun blog yang dirasa harus dipersingkat, mungkin dikarekan terlalu panjang atau sukar diingat. Di internet kita bisa mendapatkan layanan tersebut secara cuma-cuma, selain gratis - layanan seperti ini memang benar-benar sudah banyak bermunculan di internet, namun sesuai dengan judul postingan kali ini kita akan membahas tentang layanan Google URL Shortener, Goo.gl


Goo.gl adalah layanan gratis yang telah disediakan oleh mbah google buat mempersingkat URL atau alamat web/blognya agan-agan. Jadi bagi yang suka dengan yang pendek2 alias singkat-singkat, maka tak ada salahnya untuk mencoba layanan yang satu ini.

Cara menggunakan layanan ini cukup mudah, gampang, dan tidak sulit. Silahkan sobat-sobat berkunjung ke situs Google URL shortener, goo.gl
1. Nah, setelah ngeklik link di atas nantikan yang tampil seperti berikut ini
Sekarang silahkan untuk mengisi pada kolom yang ada tulisan merah dengan URL panjang atau URL yang memang dirasa perlu tuk disingkat, lalu kliklah tombol "Shorten".

2. Sekarang, URL goo.gl-nya pasti sudah jadi. Cobalah untuk menengok ke sebelah kanan tombol "shortner", nah...itulah hasilnya. Ini contohnya => goo.gl/uw9z (diklik ya, biar tahu hasilnya) => maka akan mengarah ke alamat blog ini (t4belajarblogger.blogspot)

BERHASIL!!!

Sekarang bagi teman-teman yang ingin mengetahui jumlah klik dari setiap link/URL yang telah dipersingkat. Sejujurnya, ini bagus juga bagi sobat-sobat yang memang ingin tahu jumlah klik link-nya, mungkin untuk keperluan data peningkatan trafik maupun bisnis online agan2 (singkatnya bisa mengetahui statistik jumlah klik link). Caranya gampang sekali:

1. Loginlah ke akun blogger maupun akun Google lainnya (termasuk Gmail), lalu kunjungi situs Google URL shortener, goo.gl

2. Silahkan untuk mempersingkat URL mana saja yang anda inginkan (caranya sama seperti tadi), maka otomatis data-data untuk URL tadi telah tersimpan dalam akun anda. Untuk mengecek statistik jumlah klik link, maka bisa login ke akun Goo.gl anda seperti biasa, gampang kan? Hahai...
Inilah contohnya: nanti teman2 bisa melihat statistik URL yang telah disingkat


Dah, itu aja dulu buat pembahasan Goo.gl-nya. Tapi nih buat sekedar tambahan aja ya, Kumpulan situs-situs yang menyediakan layanan mempersingkat URL agar URL panjang jadi pendek:

1. Pendek.in "Nih kelihatannya asli karya anak bangsa euy!!!", jadi bangga^
2. Tinyurl.com, kalau ini sudah nggak asing lagi...banyak digunakan oleh para iklaners di situs iklan baries graties
3. Lalu Bit.ly, hehe pandek sekali ya
4. Lalu yang ini lebih pendek lagi Is.gd, keliatannya singkatan dari IS GOOD yak? Benarkah ini yang paling pendek? Tunggu dulu...!!!
5. Ini nih yang lebih pendek lagi J.mp, waduh-waduh bisa-bisa aja ya...pendek skali!!!
6. Adf.ly, kalau yang ini cocok buat teman-teman yang punya hobi mengumpulkan receh dollar dari internet, hehe...(seperti saya)

About Me

Foto saya
saya akan meraih cita-cita sesuai yang saya impikan

Artikel Terkait